Beberapa alasan utama perusahaan melakukan rebranding

Berdasarkan buku logo:visual asset development yang ditulis oleh  Jessica Diana Kartika, SSn, MT dan Rudyant Siswanto Wijaya, SSn, MT yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo, dan memenangkan Italian bronze award winning category print & published media menerangkan bahwa ada beberapa hal-hal yang menjadi faktor utama perusahaan dalam merancang identitas yang lebih baru, diantaranya:

1. Perusahaan Baru

Dalam mendirikan suatu perusahaan baru pasti memerlukan identitas visual agar dapat menggambarkan cita-cita dan tujuan perusahaan untuk kedepannya.  Perancangan  identitas perusahaan baru itu lebih identik dengan perubahan nama baru dan perubahan logo baru agar  dapat memiliki ciri khas dari perusahaan-perusahaan lainnya. Oleh karena itu, kecermatan dan keberanian dalam merebranding logo sangat diperlukan untuk kesuksesan perusahaan untuk kedepannya.

2. Pemilik Baru

Adanya beberapa perbedaan visi misi dan cara pandang dalam pengembangan suatu perusahaan , antara pemilik baru dengan pemilik lama maka menyebabkan suatu perusahaan melakukan rebranding. Pemilik lama biasanya cenderung lebih menghargai tradisi sedangkan pemilik baru cenderung lebih menginginkan pembaruan. Oleh karena itu, diperlukan kombinasi antara lama dan baru.

3. Produk Baru

Demi mempertahankan keunggulan produk sendiri dari pesaing-pesaingnya, kebanyakan perusahaan melakukan inovasi baru terhadap produknya agar tetap unggul dan mengikuti tren masa kini yang lebih banyak diminati masyarakat luas. Biasanya, perubahan besar sering kali harus disertai identitas baru dengan rebranding.

4. Program Baru

Perusahaan menggunakan teknologi baru dalam pengembangan kinerjanya, sebagai metode industri yang lebih baik dan perangkat digital dalam mengelola industri, informasi maupun komunikasi demi efisiensi cara kerja. Tentunya hal ini sangat berpengaruh dalam proses bisnis apalagi berhubungan dengan kepuasan pelanggan. Ini sebagai tanda bahwa perlu identitas baru untuk suatu sistem baru yang diterapkan dalam  perusahaan.

5. Pasar Baru

Dalam memperluas jangkauan pasar, baik dalam negeri hingga luar negeri, diperlukan identitas baru agar dapat meraih kepercayaan pasar sehingga dapat diterima di negara yang dituju dengan menyesuaikan diri terhadap kebudayaan dan karakter klien di negara  masing-masing. sehingga Anda dapat bekerjasama dengan perusahaan asing tersebut.

6. Predikat Baru

Biasanya setiap perusahaan semakin tumbuh dan berhasil akan mengubah predikatnya mulai dari perusahaan kecil menjadi perusahaan besar, perusahaan belum berbadan hukum menjadi perusahaan berbadan hukum, perusahaan tertutup menjadi perusahaan yang go public dan lain sebagainya. Maka dari itu, identitas baru dapat mendukung perusahaan untuk mendapatkan pengakuan publik terhadap status perusahaan dimata mereka.

7. Peluang Baru

Perubahan perusahaan disebabkan karena siklus dalam menjalankan bisnis pasti akan menghadapi beberapa tantangan sekaligus peluang baru yang harus dihadapi perusahaan. Rebranding adalah salah satunya usaha untuk menjawab peluang ini . Perusahaan yang berumur panjang adalah perusahaan yang dirawat dengan baik sehingga mampu beradaptasi, regenerasi, peremajaan, serta memiliki semangat baru dalam perusahaan.

8. Pemimpin Baru

Pergantian kepemimpinan dalam perusahaan dapat menimbulkan banyak perubahan bukan hanya perubahan personal tetapi perubahan dalam kebijakan dan cara melakukan berbagai hal. Dengan perubahan baru dengan managemen baru sehingga memberikan visi misi dan semangat baru yang memberikan kesegaran dan suasana kerja yang baru. Ini salah satu cara terbaik rebranding untuk memberi penyegaran kembali perusahaan.

 

rebranding

 

PT Elemen Sukses Mandiri proudly present our premium design services:
Feng Shui LogoBranding Logo Branding Design | Branding Strategy | Logo Design Jakarta | Graphic Design Jakarta | Branding Consultant Jakarta |Desain Kalender | Desain Company Profile}